Balai Selasa, 13 Januari 2022. Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Balaiselsa lakukan Penjemputan mahasiswa Praktek lapangan  Program Studi Al-Akhwal Al-Asyakhsiyah atau lebih akrab dekenal dengan hukum Pertdata Islam (HPI) Jurusan Syari’ah. Penjemptan Mahasiswa dipimpin Langsung oleh ketua STAI Balaiselasa Dr. Lukman Hakim, M.PdI. dalam hal ini beliau berpesan kegiatan Praktek lapangan adalah salah satu bentuk pelaksanaan Tridarma Perguruan Tinggi. Dari pelaksanaan tersebut diharapkan mahsiswa mampu mengaplikasikan keilmuan khususnya di bidang Hukum  Perdata Islam. Hal sereupa juga disampaikan oleh waket I bidang Akademik Widia Sulastri. SHI. MA mahasiswa diharapkan mampu untuk menjadi pelopor ditengah masyarakat khususnya bidang Hukum Islam. 

Ketua Program Studi Al-Akhwal Al-Asyakhsiyah menyatakan Kegiatan ini dimaksudkan agar mahasiswa memiliki pengalaman yang mumpuni dan bekal yang mantap agar nantinya ketika lulus menjadi lulusan yang telah siap pakai sebab telah meiliki pengalaman sesuai dengan yang ada dilapangan. kegiatan tersebut berlangsung selama satu Bulan dan berjalan dengan lancar, aman serta memuaskan. Hendaknya kegiatan ini terus berjalan dan tentunya dengan berbagai perbaikan sesuai dengan kendala-kendala yang telah dipaparkan pada saat dilakukan. 

Praktek kuliah Lapangan pada tahun ajaran ini dilakukan di Pengadilan Negari  Pesisir Selatan dengan Dosen DPL Mardianton, SEI, M.Pd, Pengadilan Agama Painan Dosen DPL Widia Sulastri, SHI, MA. Kantor Urusan Agama Pancung Soal dan SUTERA oleh Hertasmaldi, SHI. MA.