KULIAH UMUM SEMESTER GENAP TA. 2019-2020 : Dr. RIZAL, M.Ag

Balai Selasa. Kamis 06 Februari 2020 Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Balaiselasa melaksanakan Kuliah Umum. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memasuki Semester Genap  TA. 2019/2020. Kuliah umum merupakan sebuah rutinitas yang selalu diagendakan dalam kalender akademik STAI Balaiselasa setiap memasuki awal semester.

Kuliah umum Semester Genap TA. 2019/2020 ini sengaja diberi tema oleh panitia pelaksana adalah “Peran Pemerintah Daerah dalam Pembangunan Ekonomi Syariah di Era 4.0”. Nara sumber dalam kuliah umum ini adalah Dr. H. Rizal, M.Ag Wakil Rektor IAIN Batusangkar, Asesor BAN-PT Bidang Perbankan Syari’ah dan sekaligus Beliau Ketua Bidang Ekonomi ISSI Sumbar.

Kuliah umum ini dihadiri oleh Ketua Yayasan Bapak H. Aprisal, M.Pd, Camat Ranah Pesisir, KUA Ranah Pesisir dan Tokoh Masyarakat Ranah Pesisir. Pimpinan STAI Balaiselasa, Dosen dan Mahasiswa.

Dalam sambutannya, Bapak Drs. Lukman Hakim Ketua STAI Balaiselasa dalam menyampaikan, sudah seharusnya STAI Balaiselasa memberikan kontribusi kesyari’ahan terhadap pemerintah daerah, bil khusus persoalan ekonomi. Dimana jika kita lihat hari ini, rentenir masih banyak beroperasi di pesisir selatan. Sementara operasional yang mereka lakukan menimbulkan riba, secara hukum Islam kita tahu bahwa riba itu diharamkan. Sesuia dengan QS. Al-Baqarah: 275 : Artinya: “Padahal Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba.”

Dalam sambutannya Rusdiyanto, SH, MH Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi, Pembangunan dan Keuangan mewakili Bupati Pesisir Selatan mengapresiasi kegiatan Kuliah Umum yang dilaksanakan oleh STAI Balaiselasa. Apalagi telah yang telah dipilih oleh panitia penyelenggara “Peran Pemerintah Daerah dalam Pembangunan Ekonomi Syariah di Era 4.0”. Lanjut beliau kegiatan ini tentu akan mampu mendongkrak Visi dan Misi Pemerintah Daerah Pesisir Selatan khususnya dalam bidang Ekonomi Syari’ah.  

Sebagai perwakilan Pemerintah Daerah Pesisir Selatan Ikut hadir dalam kegiatan ini Kepala Bidang (Kabid) Koperasi Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Pesisir Selatan serta Kepala Bagian (Kabag) Kesra Pemda Pesisir Selatan.*Md

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *