Dr. Dudung Abdul Razak, S.HI, MA : Hak Nafkah Atas Anak Pasca Perceraian dan Mekanisme Penyelesainnya Jika Si Ayah Melalaikan Tanggungjawabnya dalam Perspektif Hukum Islam

Perceraian merupakan momok menakut bagi setiap keluarga (suami, istri, dan anak-anaknya). Dalam perceraian bukan hanya orang tua yang tersakiti, tetapi perceraian juga dapat menyisakan luka dan trauma yang mendalam pada anak-anak yang akan terus dibawanya hingga dewasa.

Dalam Islam perceraian bagaikan pintu darurat di pesawat yang tidak perlu digunakan kecuali dalam keadaan darurat demi untuk mengatasi suatu krisis. Namun perceraian juga merupakan pintu rahmat yang dibuka bagi semua orang, agar masing-masing suami dan istri dapat membenahi kesalahan yang dilakukannya dan memulai kehidupan baru dengan orang baru yang dipilihnya menurut kriteria-kriteria yang cocok, yang seharusnya memperkecil kerugian, memperbanyak keuntungan  dan memetik pelajaran dari masa lalu.

Pasca perceraian tidak sedikit orang tua yang lalai untuk memberikan nafkah terhadap anaknya, sehingga pihak yang wajib dinafkahinya menjadi terlantar. Kenyataan seperti tersebut sering terjadi terutama dalam masyarakat yang kurang pengetahuannya tentang bagaimana cara memperoleh suatu hak. 

 

Bersambung………………..!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *