STAI Balaiselasa Adakan Program Hafizh Rahmadhan untuk Mahasiswa

Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Balaiselasa mengadakan Program Hafizh Rahmadan untuk Mahasiswa. Kegiatan ini dilaksanakan selama lebih kurang 23 hari yaitu mulai tanggal 18 April sampai dengan 09 Mei 2021 dan dibuka secara resmi oleh Ketua STAI Balaiselasa Dr. Lukman Hakim, M.Pd.I yang bertempat di aula STAI Balaiselasa pada hari Minggu 18 April 2021.

Sebagai Perguruan Tinggi Agama Islam swasta tertua di Sumatera Barat STAI Balaiselasa selalu berbenah dan melakukan inovasi dalam rangka meningkatkan kopetensi mahasiswanya. Salah satu kegiatan yang diangkat dalam bulan suci Rahmadhan ini adalah Program Hafizh Qur’an yang diberi nama Program Hafizh Rahmadhan. Kegiatan ini diikuti oleh 19 orang mahasiswa yang terdiri dari mahasiswa semester II sebanyak 9 orang dan semester IV 10 orang yang akan dilaksanakan selama 23 hari dengan metode pemondokkan mahasiswa di Kampus STAI Balaiselasa. 

Mondok selama 23 hari merupakan keputusan yang sangat strategis diambil oleh panitia pelaksana. Dimana selama Program Hafizh dilaksanakan, diharapkan peserta terhindar dari hiruk pikuknya dunia, kontaminasi situasi lingkungan dan pengaruh teman sebaya. Tujuannya adalah untuk memaksimalkan hafalan peserta hafizh dan bahkan panitia pelaksana tidak segan-segan mengumpulkan HP peserta selama Program berlangsung. Kondisi ini dilakukan oleh panitia agar peserta bisa fokus menghafal al-Qur’an dan dalam rangka ketercapaian target hafalan yaitu 6 Juz Qur’an.

Afrianto, M.Ag sebagai ketua Tim Pelaksana menyampaikan dalam sambutannya, ini merupakan program perdana dalam bentuk Hafizh Qur’an yang dilaksanakan di STAI Balaiselasa. Insya Allah Program ini akan berkelanjutan untuk masa yang akan datang nantinya. 

Jangka waktu 23 hari merupakan waktu yang pendek untuk hafalan 6 Juz bagi mahasiswa, namun pendeknya waktu jangan menjadikan pendek pula hafalan yang kita dapatkan selama Mondok Hafizh Rahmadhan nantinya. Tentu kita berharap agar semua pesrta dapat menghafal al-Qur’an semaksimal mungkin bahkan target yang ditetapkan panitia tercapai. Disampaikan oleh Bapak Aprisal, M.Pd Ketua Yayasan.

Kegiatan Program Hafizh Rahmadhan ini langsung dibuka oleh Ketua STAI Balaiselasa Dr. Lukman Hakim, M.Pd.I secara resmi. Dalam sambutannya Lukman Hakim menyampaikan harapannya, sebagai seorang Pimpinan di STAI Balaiselasa ini saya menaruh harapan yang sangat besar kepada saudara/i. Kedepan engkaulah generasi penerus kami dalam mensyi’arkan agama, mengisi masjid-masjid yang mulai sunyi dari lantunan ayat-ayat suci al-Qur’an. Jangan cemas, karena ini merupakan kesempatan emas bagi saudara.*Md

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *